Monday, April 29, 2013

Hati-hati Penipuan berhadiah

Pagi-pagi buta, henpon gue bunyi  karena SMS masuk dari nomer yang tidak dikenal. Isinya...



Nah jadinya tuh gue menang undian telkomsel poin dengan pin 277fg49. Modus penipuan lewat sms ini emang udah gak aneh di Indonesia. Sebelum ini gue juga pernah dapet sms yang isinya menang Toyota Avanza, Honda Jazz, ampe dapet pulau di kepulauan seribu (bisa kaya mendadak gue). Yang menarik, si tukang tepu ini mencantumkan alamat website yang seolah-olah website resmi Telkomsel dengan alamat http://telkomselhadiahpoin.jimdo.com (ada jimdo.com nya dong) FYI, Jimdo ini penyedia situs website gratis, sama aja seperti blogspot atau wordpress. Berhubung hp gue bunyi jam 3 pagi dan gue jadi susah tidur gara-gara sms kampret ini, jadi aja gue iseng buka websitenya. Begini neh tampilan homepage nya..



Laman dibuat sangat meyakinkan, ada profil perusahaan, produk, prestasi perusahaan, pokoknya dibuat seperti Official Page dari telkomsel. Bahkan untuk meyakinkan korban, ditulis dalam running teks Pengundian Telkomsel Live di RCTI jam 12.00 Malam WIB (harusnya kan 00.00 WIB) dan gak tercantum tanggal berapanya. Tapi sekilas, sangat meyakin kan. Disana juga ada daftar pemenang, jadi langsung aja gue klik...



Gue liat dah tuh laman daftar pemenang. Ternyata pin gue yang ada di sms ini memenangkan duit 49 juta. *Goyang Harlem Shake*. gue baca deh keterangannya.



Didalam keterangan juga isinya aneh-aneh seperti no hp pemenang tidak dicantumkan, call center telkomsel tidak diaktifkan, penyaluran hadiah tidak melalui kantor cabang (WTF !!!). Cara pengambilan hadiah terdapat dalam Laman Prosedur. 


Dalam laman prosedur disebutkan No CS Telkomsel 155 dan 188 di non aktifkan untuk mencegah penipuan (SHIT !!!) Pemenang/calon korban penipuan diwajibkan  melenepon ke no 0823-8010-7764 yakni nomor Direktur pelayanan informasi (foto hanya di catut oleh si tukang tepu). Coba perhatikan no CS di kanan atas sama persis dengan no Direkturnya. (DOUBLE SHIT !!!). Direktur dan CS kok orang yang sama -____-" 

Faktor penipuan sangat terlihat dan masih banyak kejanggalan yang akan anda temukan. Sayangnya masih saja ada masyarakat yang tertipu karena besarnya iming-iming hadiah yang akan diterima. Semoga dengan ini kita semua bisa lebih berhati-hati.

NB : Modus penipuan tidak hanya mengatasnamakan Telkomsel, tapi perusahaan besar lainnya seperti Pepsodent, unilever, dll..

No comments:

Post a Comment