Tuesday, August 20, 2013

Pengalaman unik saat hidup di Arab Saudi


Sebenernya udah beberapa tahun yang lalu gue sekeluarga pergi umroh. Tapi baru sekarang inget ngepost..hehehe. Sekitar 8 hari kita ada di Maddinah dan Mekah. Namanya di negeri orang, pasti ada aja hal-hal yang beda di negeri sendiri. Nah ini beberapa hal yang unik di Arab Saudi.

1. Berbuka Puasa

Kebetulan kita sekeluarga pergi umroh saat bulan Ramadhan dan lebaran disana. Selama ramadhan, kita tinggal di Maddinah. Yang uniknya, Berbuka di Mesjid Nabawi ini, Tajil sebagaian besar disediakan oleh orang perorangan dan sebagian lagi disediakan oleh pengurus Mesjid Nabawi. Kenapa gue bilang unik? Karena saat masuk kedalam mesjid untuk tajil, kita langsung disambut oleh banyak pemuda-pemuda Arab yang mengajak berbuka di tempatnya, persis kayak kenek bus di terminal. Islam mengajarkan bahwa memberikan tajil kepada orang lain akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa. Oleh karena itu, mereka seperti rebutan mengajak Jamaah untuk berbuka ditempatnya, semata-mata ingin mendapatkan pahala di bulan Ramadhan.

Setelah Tajil dan Sholat Magrib dilakukan, kita bakal ditawari makanan secara gratis oleh orang-orang disana saat berada diluar Mesjid. Biasanya ada nasi kotak yang biasanya berisi nasi gulai dengan daging kambing, atau roti khas arab yang agak keras dan harus dimakan dengan bumbu kambing agar lebih lunak. Biasanya yang mengambil makanan itu adalah jamaah yang sedang Itikaf. Jadi selama bulan puasa, walaupun gak punya duit sekalipun, kalian gak akan kelaparan disana.

2. Jamaah Indonesia

Saat ada di Maddinah, kita bakal bertemu dengan umat Islam dari berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Jamaah Indonesia termasuk salah satu yang dihormati oleh penduduk lokal disana. Kenapa ? Karena mereka menganggap Jamaah Indonesia adalah umat Islam terbaik. 

Gue sempet ngobrol dengan orang lokal sana. Yah sebagian besar masyarakat lokal emang gak bisa Bahasa Inggris. Nah yang gue ajak ngobrol ini punya skill Bahasa Inggris yang sama amburadulnya dengan gue. Percakapan itu makin sulit gue pahami saat si arab ini ngomong dengan komposisi 70% Bahasa Inggris, 20% Bahasa Arab, dan 10% nya air liur yang muncrat ke muka gue. Perbincangan ini adalah perbincangan tersulit untuk dipahami dalam hidup gue.


Inti yang gue tangkep dari perkataan si arab ini adalah setiap tahun Ia melihat Jamaah Haji asal Indonesia yang semakin bertambah jumlahnya. Indonesia menjadi negara dengan umat muslim terbanyak di dunia, bahkan mengalahkan negaranya (Arab Saudi). Padahal Al-Quran tidak turun di Indonesia, Nabi tidak lahir di Indonesia, namun Islam bisa berkembang pesat di Negara yang sangat jauh disana (Indonesia). Karena itu, Ia mengatakan umat Islam Indonesia dalah sebaik-baiknya umat Islam. Miris emang kalo kita liat kenyataan sebenarnya di Indonesia.

3. Mengutamakan Jamaah penyebrang jalan yang habis Shalat

Ini juga jadi hal unik yang gue liat di Maddinah. Jamaah mesjid Nabawi itu bisa mencapai ratusan atau mungkin ribuan orang. Nah kebayang dong saat udah selesai Sholat, kayak bubaran tahun baru di monas, bedanya ini gak setahun sekali tapi lima kali sehari. Saat nyebrang jalan cukup unik sebenarnya, pengendara mobil rela berhenti sampe 20 menit untuk nungguin orang nyebrang. Gak ada bunyi klakson sedikitpun kayak di Indonesia. Kok gue bisa merhatiin yang kayak gitu ?? Soalnya mobil yang gue liatin itu mobil Porsche, bikin adem mata..hehehe.

4. Pelayanan gak ramah



Pelayanan ini maksudnya adalah pelayanan toko serba ada seperti kasir. Biasanya kalo kita belanja di Indonesia, kasir yang cantik-cantik langsung senyum dan nanya "Punya kartu member?" bikin hati semeriwing. Kalo di Arab, jangan harap bisa dapet yang kayak gitu. Setiap kasir itu cowok, bahkan dia bisa sama sekali gak ngeliat atau gak ngomong ke pembelinya. Waktu itu Babeh beli alat cukur rambut di Mekkah. Mungkin di toserba kayak Yogya atau Giant kalo di Indonesia. Waktu selesai dihitung, kasir yang berkulit item muka sangar itu, cuma nunjuk monitor yang isinya harga yang harus dibayar dan langsung ngelengos. Rasanya itu kayak Lo belanja di Yogya yang kasirnya cowok orang Ambon. Boro-boro nyengir, yang ada pengen cepet kabur aja.

5. Negara Super Kaya

Kalian juga pasti tau kalo Arab ini kaya banget. Sebagian besar didapat dari persediaan minyak bumi yang melimpah. Tentu negara kaya pasti berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakatnya. Di Arab Saudi tidak diberlakukan pajak kayak di Indonesia. Alhasil barang-barang jadi serba murah dari parfume, tas, termasuk mobil. Mobil keluaran Jepang yang dianggap Mewah seperti Honda Accord, Honda Civic, Toyota Camry, Toyota Royal Saloon, (Mobil dinas Menteri kita) disana cuma jadi taksi. Biasanya masyarakat pake produk GMC pabrikan Amerika Serikat yang bertebaran dimana-mana. Kategori mobil mewah bagi mereka adalah mobil sport eropa kayak Ferarri, BMW, Lamborghini, dan mobil supercar lainnya.


Kenapa begitu ?? Kapasitas mesin mobil Jepang biasanya lebih kecil antara 1.800 cc sampe 3.500 cc supaya irit bahan bakar. Lah kalo diarab bensin itu gak perlu di irit-irit karena harga per liter kalo di rupiahin cuma Rp 800,-/liter. Jadi rata-rata orang beli mobil dengan kapasitas besar yakni lebih dari 4.500 cc. Sebelum pulang, kita sempet ketemu temen Babeh yang kerja di Jeddah, dia sendiri pake mobil Nissan Pathfinder 4.800 cc yang gak masuk di Indonesia. Untuk harga Nissan ini katanya kalo di rupiahin cuma Rp 150 Juta. Bandingin coba sama harga mobil yang ada di Indonesia.

6. Pengalaman Religi


Sebenernya gue bingung ngasih sub-judul apa ini. Yaudah langsung aja yak. Kalian pasti sering denger cerita tentang hal-hal menarik selama haji atau umroh. Nah Ini penalaman yang dialami sama kakak gue yang kedua. Jadi dia itu punya cincin  yang dikasih sama pacarnya. Sebelum tidur dia lepas cincinnya dan ditaro kedalam tas. Ternyata setelah bangun, cincinnya itu ilang gak tau kemana. Kita pun sibuk nyari cincin itu di kamar hotel, sampe bongkar-bongkar kasur segala. Tapi tetep aja gak ketemu tuh cincin. Kitapun berhenti mencari saat adzan ashar dan langsung pergi ke Mesjid Nabawi.  Pulang Sholat menuju ke hotel, entah darimana, ada ibu-ibu asal India yang tiba-tiba ngasih cincin ke kakak gue itu. Padahal kakak gue ini lagi jalan barengan sama nyokap dan kakak gue yang pertama. Naaaaah, jadilah kejadian ini menunjukan kekuasaan Allah untuk mengambil dan mengganti sesuatu dengan mudahnya.

7. Masyarakat Belanja

Lo mau tau gimana orang Arab melihat orang Indonesia ?? Dewa Belanja !! Kalo gak percaya lo bisa dateng ke pusat belanja di sekitaran Mekah. Seperti yang kita tau, Masyarakat Indonesia ini punya tradisi kuat soal oleh-oleh. Dari saudara kandung sampe saudara jauh juga dibeliin oleh-oleh. Saking banyaknya pedangang disana bisa Bahasa Indonesia untuk perdanganan. Contohnya seperti Boleh dibeli, murah, Tidak mahal, coba liat-liat dulu. Kita bakal berasa lagi belanja di tanah abang.


Nah yang patut diperhatikan, pedagang arab ini orangnya non-negotiable soal harga. Jadi harus hati-hati bagi kalian yang punya hobi nawar, bisa-bisa langsung diusir dari tokonya. Tapi ada beberapa toko yang mempersiapkan pegawainya yang khusus menghadapi situasi tawar menawar. Minimal satu toko satu orang dan dia harus paling sabar diantara pelayan yang lain. Maklum karena di arab tidak kenal istilah pembeli adalah raja, yang ada penjual adalah tuan rumah. Jadi kalo macem-macem, ya langsung diusir.

8. Siaran Televisi

Well, gue sebenernya disana jarang nonton, tapi kalo di hotel pasti selalu nyalain tivi. Setiap gue nonton, jarang banget liat acara barat. Biasanya kalo ada sinetron, ceritanya gak lebay kayak di Indonesia walaupun gue gak ngerti jalan ceritanya. Secara mereka pake bahasa arab, jadi tiap ngomong gue aminin aja.



Uniknya, ada salah satu stasiun tv yang hanya menyiarkan situasi Masjidil Harram secara Live 24 Jam tanpa berhenti, tanpa, iklan, tanpa pembawa acara. Jadi kita kayak nonton CCTV yang disiarkan secara nasional. 

9. Mesjid Terapung

Sebelum kita ke Bandara Jeddah, kita sempat mampir ke mesjid terapung. Kanapa namanya mesjid terapung ?? Ya karena mesjidnya ada di pinggir pantai dan sebagian mesjidnya ada yang menjorok ke laut. Sebenernya bukan mesjidnya yang gue anggap unik, tapi kegiatan setiap hari Jumat di sekitar mesjid itu yang unik.



Seperti yang kita tau, banyak banget TKI yang kerja di Arab Saudi dan kebanyakan dari mereka bekerja di Jeddah. Nah, mungkin udah jadi tradisi informal para TKI ini selepas Sholat Jumat untuk berkumpul di Pesisir pantai. Saking banyaknya TKI yang ngumpul disini, banyak jajanan ala Indonesia yang dijual seperti batagor, baso, dan cuanki. 

10. Komunikasi

Seperti yang gue bilang sebelumnya, masyarakat disana sedikit yang bisa berbahasa Inggris. Tambah lagi yang datang ke Mekkah dan Maddinah berasal dari berbagai negara dengan berbagai bahasa pula. Jadi Dalam hal komunikasi ke Jamaah luar Arab hanya dikenal satu kata, yaitu 'Hajj'. Dikuping gue kedengeran seperti kata Haji.

Yang perlu diperhatikan bukan arti kata dari 'Hajj' ini, melainkan intonasinya. Kalo ada orang Arab bilang 'Hajji' dengan intonasi datar, artinya mereka ingin memanggil kita karena suatu alasan. Dulu gue pernah di 'Hajji' in ma orang Arab karena pas lagi jalan sejada gue jatoh. Jadi dia panggil untuk ngingetin gue.

Nah yang bahaya kalo ada orang Arab yang bilang 'Hajj' tapi dengan intonasi yang keras dan panjang. Itu artinya ada yang salah dengan kita, baik itu pakaian, prilaku, atau hal lain yang kita perbuat. Jadi saat anda mendengar kata 'HAAJJJJJJJJI' sebaiknya segera periksa situasi anda, apakah ada yang dinilai salah.

7 comments:

  1. mantap kang informasinya,,,,jadi tambah tau tentang kehidupan di arab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Delete
  2. enjoy saya bacanya sambil ketawa ketiwi sendiri wakakakaakak

    ReplyDelete
  3. lucu pisan yakin...
    wkwkwkwkwkkkkkkwkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  4. Assalamualaikum, Saya adalah salah satu Agen dan admin RGL Express, sudah banyak yg memakai jasa RGL express untuk percayakan paket nya ke luar negri seperti singapore, malaysia, hongkong, korea dan lain-lain. Harga Ongkos kirim per kilo nya sangat lah murah dari harga yang lain, ini yang membuat para pelaku Online shop banyak deal dengan berbagai Customer di luar Indonesia. Jika harga pengiriman murah dan aman pasti nya pembeli juga akan senang dan akan membeli lagi dan meningkatkan Omset di OL shop anda :) Percayakan paket anda di RGL Express Insha Allah amanah dan pasti sampai. kami beralamatkan di wilayah gajah mada, mangga besar harmoni Tamansari Jakarta barat.
    Untuk info lebih lanjut bisa hub saya atau cek di rglexpress.wordpress.com
    ig: lesmanaandam
    fb: andam lesmana
    Terima kasih
    wasalam

    ReplyDelete
  5. Sebelumnya perkenalkan nama saya Suryaningsih, saya ingin berbagi cerita kepada anda semua. Rasa senang yang tak bisa kuungkapkan karena bisa berbagi pengalaman dengan anda semua. Sebelumnya saya seorang wanita karier yang bekerja disalah satu perusahaan swasta yg cukup ternama di Indonesia, dengan berbagai prestasi kerja yang saya dapatkan sehingga saya dapat mencapai puncak prestasi kerja yang paling tinggi yakni sebagai direktur operasional perusahaan tersebut. Semakin lama saya semakin sukses dan berpikir untuk membuka usaha. Namun dalam perjalanannya usaha tersebut macet dan saya memiliki utang yang besar hingga mencapai 3,5 miliar. Saya stress dan sempat ingin bunuh diri karena tak sanggup menanggung malu ditagih oleh deb.kolektor. Disaat saya hanya bisa berpasrah kepada Allah SWT atas musibah yang saya alami, saya tidak sengaja bertemu dengan Ajeng, dia adalah sahabat lama saya sewaktu masih kuliah dulu . Setelah saya menceritakan semua masalah yg saya alami, lalu dia memberi saran untuk menghubungi pak K.H. Ahmad Tarmidzi. Saya sempat berpikir pikir dulu untuk menghubungi beliau ,namun desakan hutang yang makin membengkak, saya memberanikan diri untuk menghubungi beliau. Akhirnya saya berkomunikasi dengan beliau , , beliau memberikan saya petunjuk atas masalah yang saya alami. Apa yang beliau katakan saya ikutin dan walhasil hutang saya bisa terbayar semua. Ucapan banyak banyak terimakasih atas bantuan K.H. Ahmad Tarmidzi, berkat beliau dan izin Allah SWT sehingga saya terlepas dari hutang. Sebagai bentuk syukur saya, saya membagikan nomor beliau kepada anda yang memiliki masalah seperti saya, hubungi beliau di 085-394-615-567. Yakin dan Percaya, saya sudah buktikan demi Allah SWT.

    ReplyDelete