Sunday, April 3, 2011

Tips lulus SNMPTN

semester genap sudah mulai masuk ke pertengahan. siswa SMA kelas tiga di Indonesia sudah mulai sibuk mempersiapkan diri untuk ujian akhir nasional. hanya sekedar mengingatkan kepada siswa kelas 3, seperti pengalaman saya dahulu, banyak siswa yang terlalu fokus pada UAN karena banyaknya try out yang diselenggarakan oleh sekolah. namun kalian harus ingat dengan SNMPTN yang buat saya adalah ujian yang sesungguhnya. karena kalian akan bersaing dengan 2.000.000 siswa lain untuk menjadi mahasiswa di perguruan negeri favorit di Indonesia. berikut saya berikan tips agar lulus SNMPTN dengan mudah



PERSIAPAN SEBELUM SNMPTN


1. Ikuti bimbingan belajar program sukses SNMPTN

dengan mengikuti bimbingan belajar, maka kalian akan terbiasa dengan soal-soal yang nanti akan diberikan saat SNMPTN berlangsung. karena soal biasanya bersifat pengulangan dari tahun ke tahun.


2. Ikuti Try Out SNMPTN

dengan try out ini, kalian dapat melihat nilai Passing Grade susuai dengan kemampuan kalian.

3. Pelajari sistem nilai dalam SNMPTN

sistem penilaian dalam SNMPTN berbeda dengan sistem nilai pada UAN. sistem nilai pada SNMPTN memiliki nilai MINUS SATU (-1) pada soal yang dijawab salah, PLUS EMPAT (+4) pada soal yang dijawab benar, dan NOL (0) untuk soal yang tidak di jawab.

4. Pilih Jurusan sesuai minat dan bakat

penting untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat karena akan berpengaruh pada kelulusan dan saat menjalaninya jika lulus. contohnya, jika anda berminat pada jurusan Hubungan Internasional, namun saat try out passing grade anda tidak mencukupi untuk lulus, maka saya sarankan "JANGAN PAKSAKAN MINAT ANDA" karena kemungkinan besar anda tidak akan lulus.

5. Pilih jurusan yang rentan Passing Grade-nya lebih dari 8 %

contohnya jika pilihan 1 Anda memilih Akuntansi UNPAD dengan passing grade 38% maka saya sarankan anda untuk mengambil jurusan dengan Passing Grade 30% kebawah. dengan demikian kemungkinan anda untuk lulus pun akan lebih besar dibandingkan anda mengambil jurusan Hubungan Internasional UNPAD dengan Passing Grade 35% dengan renran yang lebih kecil yakni hanya 3 %.




SAAT SNMPTN DIMULAI

1. Persiapan Test


saya sarankan anda mempersiapkan kelengkapan alat tulis (pesil 2B, penghapus, dll) dan kartu ujian sehari sebelum SNMPTN berlangsung. datanglah ke lokasi ujian selambatnya 30 menit sebelum jadwal ujian berlangsung. JANGAN PERNAH TERLAMBAT karena akan mempengaruhi mental anda dalam mengerjakan soal.

2. Jangan belajar sambil menunggu masuk kelas


karena belajar sebelum ujian menunjukan mental anda yang tidak siap dalam menjalani ujian. saya sarankan anda untuk tidak membuka buku saat menunggu dan sebaiknya mengobrol dengan teman. dengan demikian, orang lain yang saat itu sebagai kompetitor anda, akan terpengaruh mentalnya dengan sikap kalian yang terlihat "siap" dalam SNMPTM. persiapan materi dilakukan minimal 6 bulan sebelum ujian. belajar sambil menunggu masuk ruangan "TIDAK MEMBANTU" jadi jangan lakukan !!!

3. Isi soal dengan dua putaran


Maksudnya adalah putaran pertama, anda silahkan mengerjakan soal yang anda yakini jawabannya adalah BENAR. masih ingat sistem penilaian SNMPTN?? jika benar, maka point anda adalah empat (4). oleh sebab itu, pada putaran ini saya mewajibkan anda utuk menjawab yang anda yakini adalah BENAR. 

dalam putaran dua, barulah anda dapat menjawab soal yang anda ragu-ragu. jika salah, maka nilai anda kan minus satu (-1). oleh sebab itu saya sarankan, SETIAP 1 NOMOR yang anda yakini BENAR, maka anda dapat MENGERJAKAN 2 NOMOR yang RAGU-RAGU. karena jika 1 nomor benar mendapatkan point 4, jika 2 nomor ragu-ragu salah pun maka akan minus 2 (-2). anda tetap memiliki point 2 dan menjaga kesempatan anda untuk tetap lulus SNMPTN.

oleh sebab itu anda harus mengetahui passin grade jurusan yang anda minati agar dapat menentukan jumlah soal yang harus dikerjakan secara benar.

4. Jangan Dengarkan Pengumuman jawaban SNMPTN pada hari pertama


seperti biasa, SNMPTN selalu berlangsung selama dua hari. hari pertama biasanya adalah Matematika, B.Inggris, dan B.Indonesia. setelah ujian pada hari pertama berakhir, akan banyak bimbingan belajar seperti Sony Sugema Collage (SSC), Ganesha Operation, dll yang mengumumkan jawaban ujian hari pertama. saya sarankan "JANGAN DENGARKAN KUNCI JAWABAN". kunci yang diberikan oleh bimbingan belajar tersebut adalah benar. namun tujuan utama dari pengumuman itu adalah menjatuhkan mental peserta SNMPTN lain kecuali murid bimbingan belajar tersebut. karena siswa bimbingan belajar akan diperingatkan untuk tidak mendengarkan kunci jawaban. karena saya dapat pastikan bahwa anda akan mendapat "BANYAK JAWABAN SALAH" dalam menjawab soal. dengan anda mengetahui banyak jawaban anda yang salah tersebut dalam pengumuman kunci jawaban, maka secara otomatis mental anda kan jatuh sebelum menjalani ujian pada hari kedua.



SNMPTN merupakan perang otak dan mental bagi para peserta. oleh sebab itu penting bagi anda untuk menjaga dua unsur tersebut. saya yakin hanya ada dua tipe orang yang dapat lulus SNMPTN yaitu orang yang PINTAR dan orang yang CERDAS. pintar dipengaruhi oleh tingginya IQ yang dimiliki seseorang, sedangkan cerdas marupakan rangkaian strategi, kerja keras dan kesempatan. jika anda tidak terlahir pintar, maka jadilah orang yang cerdas. maka saya jamin anda akan berhasil dalam SNMPTN.

Selamat Berjuang..


No comments:

Post a Comment